MASIGNASUKAv102
9216922569021288057

Cara Membuat Pintu di Autocad Untuk Pemula

Cara Membuat Pintu di Autocad Untuk Pemula
Add Comments
Jumat, 09 Juli 2021

Cara membuat pintu di autocad


LintasJakarta.com - Cara membuat pintu di Autocad. Autocad merupakan software desain 2d hingga 3d yang bisa merelisasikan imajinasi kalian ke dalam bentuk konsep, biasanya software ini digunakan oleh anak desain, seorang arsitek, anak teknik sipil, anak mesin, hingga perkapalan. Tujuannya sudah pasti ingin membuat suatu karya dalam kerjaan, ataupun tugas selama sekolah.

Sebagai seorang pemula, tentunya kita ingin memberikan sedikit pengalaman dan berbagi kepada kalian yang baru belajar untuk mengetahui beberapa comand yang ada di autocad. Dalam artikel ini, kami menggunakan autocad tahun 2020, mengingat kondisi laptop yang tidak terlalu bagu spesifikasinya.

Pada kesempatan ini, kami ingin sedikit sharing bagaimana cara membuat pintu di autocad dengan mudah. Harapan kami pun, setelah Anda membaca artikel menarik ini, kalian bisa lebih mengembangkan sedikit apa yang sudah dibuat. Selanjutnya, kalian dapat langsung menyimak tutorial singkatnya di bawah ini.


Berikut Cara Membuat Pintu di Autocad

Asumsi kami setelah tulisan ini dibuat, kalian sudah memiliki software autocad terlebih dahulu. Setidaknya tahun yang sama, yaitu 2020. Cara ini juga berlaku untuk versi autocad terbaru, dan bahkan penerapannya akan semakin lebih mudah jika memiliki autocad terbaru.

Cara membuat pintu di autocad

1. Silahkan ketik perintah “line” kemudian tekan enter, maka akan ada indikator garis.

2. Lalu ketik ukuran pintu yang ingin kalian buat, dalam autocad satuannya mili meter ya. Jadi jika ingin membuat ukuran 1 meter, setidaknya ketik angka 1000 saat buat ukuran.

3. Setelah membuat ukurannya, tahap selanjutnya gabungkan semua garis 2D sehingga bisa dijadikan bentuk 3D.

4. Ketik perintah “join” kemudian pilih garis pertama, tekan spasi, terus pilih garis yang ingin digabung lagi. Kemudian tekan enter.

5. Setelah menggabungkan semua bentuk, sehingga menjadi seperti polyline. Selanjutnya kalian cukup menambahkan hiasan depan pintu sesuai kebutuhan masing-masing.

6. Untuk membuat engsel pintu, bisa menggunakan perintah “sphere” sehingga menjadi seperti globe, dan tambahkan lingkaran sebagai as dari engsel pintu.

7. Jika sudah semua, silahkan ubah bentuk pintu menjadi 3D dengan perintah “extrude”.

8. Buat ukuran tebal sesuai keinginan kalian, kami sarankan sesuaikan dengan ukuran pintu asli, sekitar 10 cm tebalnya.

Dari penjelasan di atas, jika ada sesuatu yang tidak kalian pahami bisa langsung meninggalkan pada kolom komentar untuk berdiskusi. Karena kami juga ingin memberikan sedikit ilmu dan pengalaman terkait penggunaan software di autocad.

Kesimpulan dan Penutup

Dalam artikel ini kami tidak menyediakan file download autocad 2010, namun jika Anda ingin meminta file master nya bisa langsung menghubungi kami.

Pada artikel selanjutnya, kami akan mencoba untuk membahas dan mengulas terkait software autocad, karena aplikasi ini cukup bagus, bisa diterapkan untuk pemakaian apa saja, seperti membuat denah rumah, membuat alur diagram instalasi listrik, hingga membuat berbagai macam desain mobil atau pun furniture.

Jika kalian sudah menguasai software ini, setidaknya mahir dalam desain dalam bentuk 2D pun, kalian bisa menawarkan jasa kepada orang untuk dibuatkan dena perumahan atau denah saluran air limbah perumahan, jangan lupa untuk tetap semangat dalam belajar.

FAQ

Bagaimana spesifikasi minimum laptop untuk install Autocad 2010?

Sejauh ini, kami menggunakan laptop dengan prosesor celeron n3000 an, dengan RAM 2Gb dan HDD 320 Gb, masih cukup lancar dipakai, namun jika ingin lebih smooth bisa menggunakan tipe laptop dan spesifikasi di atas laptop yang kami pakai.

Apakah ada kelas online untuk mempelajari autocad?

Sangat banyak, kalian bisa cari saja di internet. Namun kami masih belum bisa membuka kelas, meskipun sudah mahir, kami hanya ingin memberikan ilmu secara gratis yang bisa dinikmati oleh orang banyak.