Cara Subtract Autocad, Membuat Lubang Pada Bidang 3D

Cara subtract autocad



LintasJakarta.com - Cara subtract autocad merupakan suatu fungsi yang menjalankan perintah untuk membuat lubang pada bidang 3D, biasanya digunakan untuk melubangi salah satu objek yang memerlukan lubang di dalam nya, contoh sederhana nya seperti roda atau lingkaran yang di tengah nya terdapat lubang.


Dalam artikel ini, kami akan memberikan contoh sederhana terkait bagaimana cara subtract autocad sehingga Anda pun bisa menerapkan nya langsung di laptop masing masing. Sebelumnya, contoh yang akan kami buat adalah bidang lingkaran, yang di tengah nya terdapat lubang juga. 


Versi autocad yang kami gunakan adalah autocad 2010, untuk download software ini bisa kalian cari melalui browser google, akan banyak sekali sumber referensi yang menyarankan Anda untuk men download software nya. 


Pada artikel sebelumnya, kami juga sudah membahas bagaimana cara membuat pintu di autocad untuk pemula, pastinya tanpa memerlukan effort besar kalian sudah bisa menerapkan nya. Penulis juga bukan seorang yang ahli dalam desain autocad, namun hanya melakukan sharing tutorial sederhana seperti cara subtract autocad.

Berikut Cara Subtract Autocad

Cara subtract autocad



Dari contoh gambar di atas meruakan penerapan fungsi dari subtract, sangat membantu bila kalian mendapatkan tugas menggambar menggunakan autocad, untuk cara subtract autocad nya bisa langsung disimak di bawah ini.

  • Pastikan sudah melakukan install autocad terlebih dahulu untuk segala versi.
  • Kemudian buatlah suatu lingkaran, untuk diamter nya terserah, bisa 100 atau 200.
  • Kemudian buatlah lingkaran kedua sebagai daerah yang akan kita lubangi, harus lebih kecil ya untuk lingkaran kedua. Bila lingkaran pertama diameter nya 100, maka lingkaran kedua bisa 50.
  • Selanjutnya, silahkan tunjuk objek untuk dijadikan bentuk 3D dengan perintah extrude. 
  • Agar proses subtract dapat berjalan baik, buatlah bidang lingkaran kedua lebih panjang dibandingkan lingkaran pertama, seperti gambar di atas.
  • Setelah itu, ketik perintah "subtract" tanpa tanda ketik, lalu pilih lingkaran luar yang lebih besar terlebih dahulu, terus tekan spasi, kemudian pilih lingkaran dalam yang ingin kita lubangi, terus tekan spasi.
  • Bidang lingkaran yang ingin kita lubangi kini telah berhasil. 

Gimana nih, cukup mudah bukan untuk menerapkan fungsi subtract pada autocad. Jika kalian menemui kendala atau ingin berdisukusi mengenai cara subtract autocad, bisa langsung tinggalkn pada kolom komentar, kami sangat terbuka untuk sharing. Terimakasih, semoga berhasil menerapkan nya.

0 Komentar