MASIGNASUKAv102
9216922569021288057

Mengatasi Dikecualikan Oleh Tag Noindex, URL Tidak Tersedia Untuk Google

Mengatasi Dikecualikan Oleh Tag Noindex, URL Tidak Tersedia Untuk Google
Add Comments
Selasa, 03 Agustus 2021

dikecualikan oleh tag noindex

LintasJakarta.com - Dikecualikan oleh tag noindex merupakan permasalahan serius bagi seorang blogger, karena efek samping nya membuat link url kita tidak tersedia di pencarian google, oleh sebabnya setiap kita membuat postingan artikel akan susah ter index atau lama ke index atau bahkan tidak bisa diindex dengan muncul tulisan URL tidak tersedia oleh google pada google search console.

Sebagai seorang yang telah cukup lama menyemplung ke dunia blog, tentunya kalian tidak akan terlalu khawatir akan apa yang terjadi pada index google terhadap blog kita, sedangkan bagi mereka yang masih baru tentunya hal tersebut menjadi masalah serius.

Pada kesempatan ini kami ingin sedikit berbagi tutorial singkat mengatasi "dikecualikan oleh tag noindex" dengan tepat dan mudah, dan dijamin langsung bisa teratasi.

Mengatasi Dikecualikan Oleh Tag Noindex

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut, alasannya karena kita baru saja membuat blog baru, jadi pada saat mendaftar ke google search console dan melakukan proses crawl menemui masalah error URL tidak tersedia untuk google, berikut cara mengatasinya.
  • Cek pada setting blogger, cari bagian robot txt untuk diaktifkan.
  • Pada halaman custom robot, kalian bisa langsung mengisi seperti di bawah ini. 
User-agent: Mediapartners-Google 
Disallow: 

User-agent: * 
Allow: / 

Sitemap: https://www.domainAnda.com/sitemap.xml
  • Setelah itu klik save dan cek kembali ke google search console untuk melakukan crawl ulang.
  • Jika masih menemui error, selanjutnya bisa melakukan tahapan pergi ke setting template.
  • Cari kode dengan tag no index di bawah ini.
<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>

  • Selanjutnya bisa kalian hapus dengan tag demikian agar tidak menganggu proses index.
  • Lalu coba kembali crawl di GSC, maka lihat hasilnya.

Jika kalian masih menemui masalah serupa, saat telah setting pengaturan index google pada pengaturan blogger, mulai dari mengaktifkan custom robot, hingga menghapus tag noindex di template blog Anda, keungkinan pertama adalah domain yang kalian pakai pernah mengalami de-index oleh google karena alasan tertentu.

Jika domain yang kalian pakai aman dari de-index, cobalah untuk mengganti template yang lain, karena dikhawatirkan template yang kalian pakai saat ini masih tahap develop sehingga masih banyak terdapat tag noindex, semoga berhasil!