MASIGNASUKAv102
9216922569021288057

Cara Menulis Surat Resign Kerja yang Benar Terbaru 2021

Cara Menulis Surat Resign Kerja yang Benar Terbaru 2021
Add Comments
Minggu, 01 Agustus 2021
menulis surat resign kerja


LintasJakarta.com - Cara menulis surat resign kerja saat ini mungkin banyak dilakukan oleh warga negara Indonesia, terlebih menghadapi masa pandemi yang tak kunjung usai, bahkan pemerintah pusat menetapkan hingga level ke 4 masa pembatasannya. Dengan alasan demikian, tidak sedikit karyawan yang terkena pemangkasan upah atau dikurangi jatah masuk kantor namun gajinya hanya dibayar sekian persen.

Oleh beberapa faktor lain juga membuat banyak para pekerja yang memutuskan untuk resign agar mereka bisa mencari pekerjaan lebih layak atau bahkan membuat suatu pekerjaan yang lebih bagus dan tertantang untuk diri sendiri.

Meskipun lagi jaman susah seperti sekarang, tentunya tidak menutup kemungkinan datangnya rejeki dari pintu mana saja juga, oleh sebab itu yakinkan diri sendiri dan bulatkan tekad untuk menulis surat resign kerja dan mulai untuk membuka lembaran baru dalam kehidupan. 

Panduan Menulis Surat Resign Kerja

Saat menulis surat resign kerja, tentunya terdapat beberapa panduan yang perlu kalian taati atau ikuti sebagai suatu standar, agar surat resign kerja tersebut terlihat formal dan layak untuk diberikan kebagian HRD perusahaan tersebut.

Agar kalian tidak bingung dalam menulis surat nya, pada artikel ini kami juga akan memberikan contoh surat resign yang bisa kalian ikuti langsung dan diubah sesuai kebutuhan, namun sebelum masuk ke contoh, kami akan memberikan panduan menulis surat resign kerja terlebih.

  • Agar terlihat formal, buatlah surat resign melalui microsoft word dengan ukuran kertas A4. 
  • Setelah itu, tuliskan kota dan tanggal terkini pada bagian pojok kanan atas.
  • Sebagai pembuka, buatlah tertuju kepada siapa surat tersebut, beserta dengan nama instansi dan alamat perusahaan pada bagian pojok kiri, namun terdapat spasi dari tanggal yang telah dituliskan.
  • Langkah selanjutnya adalah menulis pembukaan bahwa kalian menulis surat untuk pengajuan resign.
  • Pada paragraf selanjutnya juga, kalian wajib menerangkan nama wajib, NIK kantor, dan jabatan terakhir di perusahaan. 
  • Jangan lupa memberikan alasan kenapa harus resign pada paragraf selanjutnya. 
  • Lalu sebagai pemanis, berikan ucapan doa dan sukses kepada perusahaan yang telah memberi ruang kerja kepada kalian selama beberapa tahun belakangan.
  • Pada bagian akhir, jangan lupa tulis nama terang disertai tanda tangan bahwa kalian dala posisi sadar dalam menulis surat resign kerja. 

Dari beberapa poin di atas, tentunya kalian sudah bisa menangkap bukan maksud dan inti dari menulis surat resign, singkatnya jika kalian masuk perusahaan dengan cara baik, setidaknya jika ingin keluar juga dengan cara baik. 

Namun, jika kalian seorang siswa dan ingin mengundurkan diri dari sekolah, kamu juga sudah menulisnya di contoh surat pengunduran diri siswa dari sekolah yang bisa dijadikan rujukan atau sumber referensi.

Jika masih bingung dalam menulis surat kerjanya, kami akan berikan contoh surat resign kerja secara langsung di bawah ini. 

Contoh Surat Resign Kerja 

Agar kalian tidak penasaran dan kami pun bisa memberikan sedikit edukasi untuk membuat surat resign kerja, tidak ada salahnya kami share informasi bermanfaat yang satu ini. 

Jakarta,  1 Agustus 2021

Kepada YTH. 
PT. Nama Perusahaan Anda
Jl. Menuju kedamaian 123 Indonesia

Saya yang bertanda tangan di bawah ini, 

Nama : Asep Sunandar
NIK: 123-456-78910
Jabatan: Manager

Bermaksud untuk memundurkan diri dari PT. Nama Perusahaan Anda karena faktor keluarga, terimakasih sebelumnya saya ucapkan atas ruang yang telah diberikan selama 10 tahun kerja di sini, banyak suka dan duka yang telah dilewati bersama.

Harapan saya pribadi juga tidak lupa agar dikemudian hari PT. Nama Perusahaan Anda bisa terus bangkit dan berkembang hingga bisa mencapai sesuai dengan visi dan misi nya.

Demikian surat pengunduran ini saya buat dengan kondisi sadar dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun, lebih dan kurangnya saya mohon maaf, terimakasih. 


Tanda Tangan


Asep Sunandar

Dari contoh yang telah diberikan, silahkan kalian ganti sesuai dengan kebutuhan masing masing, semoga tulisan mengenai cara menulis surat resign kerja ini dapat bermanfaat bagi mereka yang sedang membutuhkannya, terimakasih.