MASIGNASUKAv102
9216922569021288057

7 Tips Liburan Hemat Buat Kamu yang Ingin Traveling ke Negeri Orang

7 Tips Liburan Hemat Buat Kamu yang Ingin Traveling ke Negeri Orang
Add Comments
Sabtu, 07 Agustus 2021
tips liburan hemat

Lintasjakarta.com - Liburan adalah masa yang paling dinantikan oleh setiap orang, baik anak sekolah, anak kuliah maupun yang sudah bekerja. Sebab mereka akan terbebas dari rutinitas serta tanggung jawab harian walaupun tidak dalam jangka waktu yang panjang. Dan biasanya pada waktu libur, banyak orang yang mengisinya dengan berbagai macam kegiatan.

Ada yang memilih untuk tidur panjang, menonton film sepuasnya, piknik bersama keluarga ataupun travelling dengan teman-teman. Nah, khusus untuk travelling pada saat liburan, bisa dikatakan merupakan tantangan yang cukup berat bagi kondisi keuangan. Karena semua biaya akan menjadi mahal dan bisa naik hingga berlipat-lipat, apalagi jika travelling keluar kota bahkan ke negeri orang. Tapi kamu tidak perlu cemas karena ada beberapa tips liburan hemat yang dapat kamu lakukan.

Bagi kamu yang ingin travelling ke negeri orang, tentu kamu harus mengetahui terlebih dahulu tips liburan hemat. Dan perlu juga diketahui bahwa liburan tidaklah selamanya harus mahal dan mengeluarkan biaya yang besar. Yang penting adalah kamu bisa menghabiskan waktu liburanmu dengan menyenangkan bahkan dengan biaya yang seadanya.

7 Tips Liburan Hemat Yang Dapat Dicoba


Berikut adalah tips-tips yang dapat kamu coba ketika melakukan travelling, agar liburanmu menyenangkan dan kantongmu tidak tertekan versi dari ceritamedan.com

1. Survei Lokasi

Hal utama yang harus dilakukan adalah menentukan dan melakukan survei terhadap lokasi liburan sesuai dengan biaya yang dapat disiapkan. Ini sangat penting dilakukan agar kamu dapat memprediksi berapa kira-kira biaya yang akan dikeluarkan. Caranya, kamu bisa mencari informasi di internet, bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman dan berkonsultasi bagaimana menggunakan biaya seminimal mungkin.

2. Jangan Pergi Pada Tanggal Merah

Hindari melakukan travelling pada tanggal-tanggal merah, sebab harga tiket pesawat maupun penginapan akan menjadi lebih mahal berkali-kali lipat. Oleh karena itu, disarankan untuk pergi pada hari biasa. Sebab selain tidak banyak orang, juga dapat menghemat biaya perjalanan.

3. Booking Tiket Pesawat Dari Jauh Hari

Cara ampuh untuk menghemat biaya liburan adalah booking tiket pesawat dari jauh-jauh hari. Sebab seperti yang kita ketahui jika kamu memesan tiket mendekati hari keberangkatan, harganya akan semakin mahal. Atau jika kamu rajin mengecek harga tiket, maka kamu juga bisa menemukan harga tiket yang sedang promo.

4. Cari Tempat Penginapan Murah Tapi Nyaman

Sama halnya dengan tiket pesawat, harga penginapan tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Untuk menyiasatinya, kamu bisa mencari tempat penginapan murah yang nyaman dan layak melalui internet. Dan hebatnya, biaya yang dikeluarkan bisa jauh lebih murah daripada biaya menginap di hotel.

5. Buat Perincian Biaya

Bisa dikatakan membuat perincian biaya adalah ritual yang wajib dilakukan ketika akan melakukan travelling. Tujuannya agar kamu dapat mengontrol pengeluaran yang tidak perlu dan meminimalisir pemborosan. Dimulai dengan menentukan biaya yang diperlukan untuk transportasi, akomodasi dan konsumsi serta jangan lupa melebihkan biaya untuk hal tidak terduga.

6. Manfaatkan Internet

Dengan semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi, diharapkan kamu dapat memanfaatkan peran internet dengan baik. Seperti untuk mencari informasi seputar tempat-tempat wisata yang ingin dikunjungi atau referensi tempat yang unik dan menarik.

7. Membeli Oleh-Oleh Dengan Bijak

Ini nih salah satu tips liburan hemat yang sangat perlu dicoba yaitu membeli oleh-oleh dengan bijak. Intinya, oleh-oleh tidak perlu mahal yang penting berkesan. Kamu bisa membeli oleh-oleh dengan harga murah namun tetap unik seperti gantungan kunci, hiasan rumah, baju ataupun cemilan. Dan tidak ada salahnya jika kamu membelinya di pasar tradisional. Sebab selain dapat menghemat biaya, barang yang dijual biasanya lebih mencerminkan khas suatu daerah.