Cara Cek CV ATS Friendly Terbaru 2021 Dengan Mudah

cara cek cv ats friendly

Lintasjakarta.com - Cara cek CV ATS friendly ternyata tidak susah loh, kamu bisa melakukan sendiri apa saja yang menjadikan suatu dokumen atau resume yang dibuat sudah memiliki standar Applicant Tracking System, atau yang biasa dikenal dengan ATS. 

Lalu seperti apa sih sistem kerja ATS ini, kok bisa dengan sangat mudah bahwa kita sebagai pelamar tidak memiliki satu kompetensi atau bahkan saat seleksi berkas saja kita tidak bisa melewatinya dengan alasan tidak lolos screening dari curiculum vitae nya. 

Tentunya hal tersebut akan membuat kamu merasa sedih bukan? Terlebih saat kondisi seperti ini, yang mana mencari pekerjaan adalah hal tersulit untuk diraih. 

Cara Cek CV ATS Friendly Secara Online

Dalam sub bab ini, kami ingin memberikan penjelasan singkat cara cek CV ATS friendly sehingga kamu bisa menilai sendiri kualitas dari resume nya, setelah mengetahui hasil nya, segera lakukan perbaikan dengan cepat dan tepat.

  1. Buka lah situs resumeworded.com untuk pertama kali.
  2. Lalu klik cek CV secara gratis.
  3. Selanjutnya kamu cukup pilih file CV yang ingin dicek score ATS nya. 
  4. Klik ok dan tunggu beberapa saat.
  5. Setelah hasilnya keluar, kamu dapat melihat berapa score dari curiculum vitae yang telah kamu buat.
 
Sebagai masukan, score CV untuk standar koreksi menggunakan ATS, setidaknya kamu harus mencapai angka 70++ agar bisa melewati proses screening. 
 
Kamu harus menyadari juga, bahwa format penulisan ATS tersebut sangat membantu para HRD dalam memilih calon kandidat yang sesuai dengan standar dari mereka, dan kamu juga harus tahu bahwa aplicant yang apply tidak sedikit dan tidak kamu saja.
 
Sedangkan, HRD dari perusahaan tersebut sangat terbatas. Alasan utama untuk menggunakan software online dengan cara cek CV ATS friendly tersebut itulah yang dapat meringankan pekerjaan human resource perusahaan. 
 

Membuat CV ATS Friendly Dengan Mudah 

Setelah mengetahui hasil dari CV yang telah kamu buat untuk apply pekerjaan, tetapi ternyata skor ATS friendly dari CV nya sangat rendah, sangat wajar faktor utama nya adalah CV kamu tidak bisa terbaca oleh sistem tracking nya. 
 
Lalu bagaimana cara membuat CV ATS friendly dengan mudah? Jawaban nya sangat sederhana, kamu bisa simak ulasannya di bawah ini. 
 
  1. Kurangi penggunaan gambar atau shape pada CV yang kamu buat.
  2. Usahakan dengan menulis CV dengan ketikan word, tanpa menggunakan aplikasi desain. 
  3. Tonjolkan pengalaman pekerjaan dengan optimal, sehingga itu bisa menjadi poin plus. 
  4. Jangan terpaku kepada desain CV yang terlihat keren, namun ternyata itu tidak ATS friendly. Cukup buat kosongan dan menulis apa adanya sesuai riwayat hidup kamu sendiri. 
  5. Hal paling penting adalah, save dalam format PDF dan usahakan file di bawah 2 MB.
 
Secara logika, jika kamu seorang HRD lalu menyusahkan dengan harus download file nya yang sangat besar, opsi terbaik dari HRD nya adalah melewatkan berkas lamaran pekerjaan kamu. 
 
Membuat CV ATS friendly memang cukup gampang susah, intinya kamu tidak perlu terpatok CV harus 1 halaman, jika memungkinkan mencapai lebih dari 1 halaman, kenapa tidak. Semoga artikel mengenai cara cek CV ATS Friendly dapat membantu kamu. 

Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Cek CV ATS Friendly Terbaru 2021 Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel