Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengabdian Masyarakat Inovasi Teknologi, Prodi Teknik Telekomunikasi PENS

pengabdian masyarakat

Lintasjakarta.com - Dunia kampus tidak lepas dari tridharma perguruan tinggi, yaitu pengajaran, penelitian dan pengabdian. Kegiatan pengajaran sudah tidak asing lagi, hamper di setiap kampus pasti melakukan kegiatan ini. 

Akan tetapi untuk kegiatan penelitian, tidak banyak yang tertarik untuk melakukan. Salah satu permasalahan terkait riset yang dihadapi Indonesia yakni belum sebandingnya jumlah mahasiswa dan dosen dengan jumlah publikasi yang dihasilkan. 


 

Hingga tahun 2019, dari 4.607 perguruan tinggi serta 177.000 dosen dan peneliti yang terdaftar di Science and Technology Index (Sinta), Indonesia hanya menghasilkan 34.007 jurnal yang terindeks Scopus. Rendahnya publikasi ilmiah para peneliti Indonesia salah satunya disebabkan minimnya pemahaman dan minat riset, terutama di kalangan mahasiswa.

Riset dan Inovasi Teknologi Untuk Pengabdian Masyarakat 

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) adalah salah satu kampus politeknik terbaik di Indonesia mencoba untuk mendorong dosen dan mahasiswa untuk terus melakukan riset dan inovasi. Salah satu risetnya adalah apa yang telah dilakukan oleh Farah Maulidina, dkk, mahasiswi Prodi Teknik Telekomunikasi PENS

Riset yang dilakukan adalah Smart Water Reservoir Control System for IoT Smart Environment. Penelitian ini melakukan perancangan dan pembuatan sebuah sistem pengontrol tandon air yang dapat domonitoring dan dikontrol melalui internet atau berbasis IoT (Internet of Things). 

(Mahasiswi PENS Beserta Tendik)

Penelitian yang dilakukan Farah ini bermula dari keresahan penggunaaan air yang berlebihan, sehingga banyak air yang kadang terbuang sia-sia atau bahkan juga kekurangan air karena tendon kosong. Apalagi jika ini terjadi pada sebuah industri, tentu hal ini akan mengganngu jalannya produksi.

Hasil karya yang dibuat oleh Farah, dkk, tidak hanya digunakan sebagai proyek akhir sebagai syarat lulus kuliah, akan tetapi juga dituangkan dalam bentuk paper yang dipublikasikan di seminar internasional. Hasil publikasinya ini juga dipublikasikan di IEEEXplore yang telah terindeks scopus (https://ieeexplore.ieee.org/document/9594048). 

Lebih dari itu, hasil karyanya juga diterapkan di sebuah home industri industri plastik, di wilayah Krian, Sidoarjo. Sebagai kegiatan pengabdian masyarakat. 

Sungguh hasil karya yang luar biasa yang tidak hanya bernuansa inovasi dan teknologi akan tetapi juga bisa diterapkan secara real di industri yang hasilnya dapat langsung dirasakan oleh masyarakat. Mudah-mudahan karya anak bangsa ini menjadi inspirasi buat kita semua agar terus berkarya dan berinovasi.

Posting Komentar untuk "Pengabdian Masyarakat Inovasi Teknologi, Prodi Teknik Telekomunikasi PENS"